Heboh Kakek Komika Fico Fachriza Adik Gembong PKI, Bongkar Kisah Hidup Masa Lalu



 Komika Fico Fachriza belum lama ini menjadi perbincangan di dunia maya setelah mengunggah foto masa kecilnya bersama sang kakek, Murad Aidit. mendengar nama kakek Fico, publik Tanah Air sepertinya merasa tidak asing karena memiliki marga yang sama dengan ketua PKI, DN Aidit. Benar saja, kakek Fico itu ternyata merupakan adik dari sang gembong PKI tersebut.

Fico mengaku hanya sekadar iseng mengunggah foto tersebut. Tidak ada maksud tertentu baginya untuk mengaitkan sang kakek dengan sejarah PKI di Tanah Air.

"Pertama kali posting foto bareng kakek. Iseng aja, karena waktu itu ada wawancara bareng mama (soal PKI) terus dia kirim foto itu, ya sudah posting aja," kata Fico Fachriza pada Jumat (25/9) dilansir dari Suara.com.

Fico Fachriza berkisah, ibunya adalah anak Murad Aidit, adik DN Aidit yang merupakan pemimpin PKI. Meski merupakan adik dari DN Aidit, namun sebenarnya sang kakek tak terlibat dalam organisasi tersebut. "Kakek saya itu cendekiawan. Kuliah di Uni Soviet yang dibiayai sama kakaknya, DN Aidit," ungkap Fico.

Ironis, saat kakek Fico Fachriza pulang ke Indonesia dan dijanjikan akan menjadi menteri, ia justru ditangkap dan sempat dipenjara. "Dipenjara di Bogor, terus dipindahkan ke Bandung, Semarang, Pulau Rote, dan Buru. Habis itu pas nggak terbukti bersalah, ya sudah pak maaf salah tangkep," tutur komika yang pernah bermain dalam salah satu film Raditya Dika, "Manusia Setengah Salmon" tersebut.

Mengenai kakak sang kakek, DN Aidit, Fico Fachriza pun tak mengenal sosoknya. Mengingat lelaki bernama lengkap Dipa Nusantara itu telah dieksekusi setelah peristiwa 30 September 1965. Sementara itu, adik DN Aidit yang lain, Sobron, diketahui Fico Fachriza telah pindah ke luar negeri.

"Waktu kecil sering ketemu (Sobron). Terus pindah kewarganegaraan Prancis. Di sana dia buka restoran. Ya gimana, orang nggak kenapa-kenapa ditangkep, benci lah orang," ujarnya.

Sementara dengan kerabat sang kakek, ia pun masih menjalin silaturahmi dengan anak DN Aidit, Ilham Aidit. "Kalau di Forum Silaturahmi Anak Bangsa, kami sering ketemu. Mama kan anggota aktif di sana. Itu forum tempat gabungnya anak-anak PKI sama anak jendral yang dibunuh 1965. Jadi ada anak Aidit, Murad, Jenderal Ahmad Yani juga," pungkas Fico.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Heboh Kakek Komika Fico Fachriza Adik Gembong PKI, Bongkar Kisah Hidup Masa Lalu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel